|
| 04 Jun 2020 Thu 10:25 AM

Atalanta dan Inter Milan menjadi dua tim terakhir dari Liga Italia yang memastikan diri meraih tiket ke Liga Champions|my

Atalanta dan Inter Milan menjadi dua tim terakhir dari Liga Italia yang memastikan diri meraih tiket ke Liga Champions
[ 27-05-2019 ]
Atalanta dan Inter Milan menjadi dua tim terakhir dari Liga Italia yang memastikan diri meraih tiket ke Liga Champions

Atalanta dan Inter Milan menjadi dua tim terakhir dari Liga Italia yang memastikan diri meraih tiket ke Liga Champions, menyusul Juventus dan Napoli.

Hasil Liga Italia pada pekan pamungkas, Minggu (26/5/2019) atau Senin dini hari WIB, memastikan Atalanta dan Inter Milan finis di posisi ketiga klasemen Liga Italia.

Pada pertandingan pekan ke-38 tersebut, Atalanta mengalahkan Sassuolo dengan skor 3-1. Sementara itu, Inter menang tipis 2-1 atas Empoli.

Laga Inter vs Empoli itu penuh drama. Hal itu tak lepas dari beda ambisi dari dua tim yang bertanding. Inter Milan ingin memastikan tiket ke Liga Champions. Sementara itu, tim tamu butuh poin untuk terhindar dari degradasi. Drama terjadi pada pengujung pertandingan. Empoli yang butuh gol penyama kedudukan melakukan tekanan ke pertahanan tuan rumah, termasuk kiper Bartlomiej Dragowski. Usaha Dragowski dkk memanfaatkan situasi sepak pojok gagal, malah justru Inter yang berhasil mencetak gol ketiga lewat serangan balik.

Namun, gol itu dianulir wasit karena melihat Keita Balde menahan laju Dragowski. Pencetak gol pertama Inter itu pun mendapat kartu kuning kedua dan diusir wasit.

Kemenangan itu mengantarkan Inter menempati peringkat ke-4 klasemen Liga Italia alias posisi terakhir untuk zona Liga Champions. Dengan koleksi 69 poin, Atalanta dan Inter mengungguli AC Milan yang harus puas finis di posisi ke-5 dan "cuma" meraih tiket ke Liga Europa.

Peringkat ketiga di klasemen Liga Italia menjadi hak Atalanta. Mereka unggul rekor pertemuan atas rivalnya yang sama-sama berjulukan I Nerazzurri, menang 4-1 di kandang dan imbang tanpa gol saat tandang. AC Milan (68 poin) dan AS Roma (66) yang finis di peringkat ke-5 dan ke-6 berhak meraih tiket ke Liga Europa musim depan. Satu wakil Italia lainnya adalah Lazio. Pada pertandingan pekan pamungkas, Lazio kalah 1-3 dari Torino. Meski finis di posisi ke-7 dengan 59 poin dan di bawah Torino (63), Lazio berhak ke Liga Europa dengan status juara Coppa Italia.

Empoli menjadi tim terakhir yang terdegradasi ke Serie B - kasta kedua Liga Italia. Mereka menyusul Chievo Verona (juru kunci) dan Frosinone (peringkat ke-19). Dua tim yang dipastikan promosi dari Serie B ke Serie A adalah Brescia dan Lecce. Satu tiket tersisa akan diperebutkan oleh Cittadella dan Hellas Verona.

1. Juventus (90 poin) - scudetto, Liga Champions
2. Napoli (79) - Liga Champions
3. Atalanta (69) - Liga Champions
4. Inter Milan (69) - Liga Champions
5. AC Milan (68) - Liga Europa
6. AS Roma (66) - Liga Europa
7. Torino (63)
8. Lazio (59) - Liga Europa, juara Coppa Italia
9. Sampdoria (53)
10. Bologna (44)
11. Sassuolo (43)
12. Udinese (43)
13. SPAL (42)
14. Parma (41)
15. Cagliari (41)
16. Fiorentina (41)
17. Genoa (38)
18. Empoli (38) - degradasi
19. Frosinone (25) - degradasi
20. Chievo (17) - degradasi